cerita perdana belanja online


Alohaaa….

Masih berkaitan dengan kehamilan saya, tulisan ini saya buat sebagai kenangan pengalaman pertama belanja keperluan rumah tangga (lebih tepatnya buat baby) via Online hehe.

Saya dan suami tipe orang yang pada awalnya gak terlalu tertarik buat belanja via online, dulu sih kalau belanja paling yang saya pilih adalah barang-barang yang harganya gak mahal daaaan memang toko onlinenya sudah saya kenal atau dapet cerita positif dari pengalaman orang lain. Pertama takut ditipu, yang kedua karena kadang barang yang dijual di gambar tidak sama dengan aslinya (khususnya pakaian).

Pengalaman pertama ini, diawali dengan keisengan suami buat liat2 barang seperti hape karena ada temennya yang belanja online dan suka ada promo yang lumayan…. dan belanja onlinenya bukan di toko online perorangan, tapi suatu toko yang terdiri dari banyak penjual, such as lazada, elevania, tokopedia dll. Suami sih sampe sekarang belum memutuskan pengen beli hape apa, tapi yang ada saya yang malah kepengen ikutan belanja hahaha

Jadi cerita pembukanya adalah, saya kan ikut grup whatsaap yang isinya teman2 yang sedang hamil dan sudah menjadi ibu (mommies only) dari teman angkatan kuliah dulu, didalamnya juga ada teman 2 orang yang udah jadi konselor laktasi, plus ada yang sedang mengambil sekolah spesialis(kulit, tht, jiwa), ada juga istri spesialis kandungan, plus teman-teman yang memang sudah punya pengalaman dari proses melahirkan, ngasih ASI sampe ngasih MPASI dan semua hal pokoknya kita bahas deh…. menu MPASI, bahkan sampai promo pampers juga dibahas hihihi, pokoknya sungguh beruntung masuk di grup yang gak hanya punya pengalaman tapi juga membahasnya secara evidence based medicine😀

Nah suatu saat, mereka membahas tentang slowcooker, saya sebagai newbie kan belum paham, ternyata pas saya ikutin penjelasan mereka sepertnya slow cooker ini sangat bermanfaat buat dipake untuk masak menu MPASI, lebih praktis, gizi makanan gak hilang banyak, bisa dibuat dari malam hari karena dia memask dengan slow, jadi pagi itu menu udah siap serta hemat listrik. Menu-menu berkuah, kayak bubur tim, dll , Plus bisa juga dipake buat masak menu rumahan, alias gak hanya buat bayi, dari sekarang juga udah bisa dipake, misal pengen bikin tekwan bisa sekaligus diangetin kuahnya disitu…. apalagi kan nantinya saya akan kerja lagi di kampus, jadi saya pikir ini barang pasti kepake jangka panjang.

Tadinya gak niat beli online, saya sempat ke mall dan nanya di sebuah toko peralatan baby, harganya 465 ribu, tapi ongkos ke mall bolak balik sekitar 50 ribu… dan kami belum jadi beli,karena suami masih pengen review barang dan coba nanya di tempat lain. Pas pulang,akhirnya ngomong ke suami, kayaknya barang itu memang dibutuhkan…. akhirnya suami searchinglah di toko online, mereview spesifikasi barang plus liat kisaran harga. Akhirnya dapat penjual dengan harga termurah yaitu 480 ribu plus ongkirnya perkilo 8 ribu (total 16 ribu). Eh kebetulan di situ tertulis, jika belanja dengan akumulasi satu juta, selain dapat poin plus voucher, harga belanjaan bisa diskon 5%(lumayan kan :D)… akhirnya saya ngomong lagi ke suami, bahwa kalau pulang ke palembang saya pengen masak-masak di dapur, kita perlu barang-barang tambahan (panci plus wajan tambahan) dengan bahan berkualitas karena masak gak hanya buat kita tapi udah ada anggota baru yaitu anak. Barang dirumah belum lengkap plus udah banyak yang rusak. Akhirnya merayu suami buat beli satu set peralatan masak daaaan kebetulan lagi diskon dari harga 1 juta jadi hanya 429 ribu plus ongkir 7kilo (56 ribu), bahkan liat di mall dan situs resmi tu barang harganya masih diatas 800 ribu hehehe. Suami juga beliin saya tempat minum yang bahannya BPA free plus bisa masukin potongan buah didalamnya, karena suami tau saya suka bikin infuse water hehehe. (mari kita doakan suami kita, semoga rejekinya semakin berkah plus dilancarkan pekerjaannya dalam mencari nafkah aamiin :P)

Akhirnya, setelah dihitung-hitung, harga belanjaan itu memang sangat menguntungkan, bisa hemat ongkos (di jakarta ongkos mahal booo), hemat tenaga(bumil masih lemes diajakin ngemall), plus hemat waktu (waktu ngemall, bisa dipake bs istirahat aja, kita belanja dirumah duduk sambil liat2)…. hanya yang kami pikirkan kira-kira barang itu akan sampai gak ya? dan apakah kondisi barang memuaskan? itu yang jadi pertanyaan.

Ternyata gak sampe 3 hari lho…barangnya beneran datang, barang original(merk asli) dan sesuai dengan gambar, tidak ada yang cacat serta proses pengemasan rapi dan bikin kondisi barang aman😀
Wah, jadi pengalaman pertama yang memuaskan hehehe. Rasanya mikir, kok nggak dari dulu ya? Tapi juga kalau dikirim ke palembang gak terlalu semurah ini, karena ongkirnya berbeda (perkilo 20 ribu) hehehe mumpung masih di Jakarta, jadi manfaatkan kondisi😀

Tapi yah sekali lagi, belanjalah dengan bijak, sesuai kebutuhan, bukan karena keinginan hehe karena ketika udah buka situs tersebut, kalau gak kuat-kuat iman pengen beli semuanya deh hahaha (kayak kata suami, banyak-banyak istigfar :p), trus sejauh ini saya dan suami berprinsip tidak mempunya kartu kredit, karena secara tidak langsung itu adalah cara kami untuk menahan keinginan belanja yang berlebihan… dan lagipula, membayar dengan tunai akan lebih bikin hati tenang karena barang yang kita beli udah lunas😀

Punya suami yang selalu menjaga istrinya dari bersikap boros dan berlebih-lebihan adalah hal yang sangat menguntungkan buat saya….karena suami berprinsip, kalau memang butuh pasti akan dibeliin mau berapapun harganya, dan kalau memang bisa dapet dengan harga yang lebih murah dengan merk yang sama, kenapa kita gak cari yang lebih murah hehehehe. Penjual pengen untung, pembeli pun demikian. Tapi untuk barang tertentu kayak kosmetik/skin care saya sarankan jangan belanja online kecuali di situs resminya produk tersebut, karena kita gak tau gimana kondisi barang, takutnya udah gak tersegel lagi alias isinya udah diganti-ganti (ini bentuk kewaspadaan saya aja sih) hehehe

Jadi…. buat calon babyku, ini sayang…beberapa barang kebutuhan kamu udah bunda dan ayah siapkan, semoga kamu selalu sehat ya nak, karena kami bahagia menyambut kedatangan kamu😀

*oh ya, jadi kalau ada yang nanya kami belanja di situs apa, kami belanja di elevania… semoga cerita saya ini bermanfaat ya buat pembaca yang berniat belanja online*

infuse bottle ^^

infuse bottle ^^

takahiiiii slowcooker

takahiiiii slowcooker

oxone cookware set

oxone cookware set

Leave a Reply

