Drama Kehamilan #1


Alohaaaa? Apa kabar semua?
Iya judul yang saya buat lucu ya, gak ada maksud drama, hanya mau menuliskan pengalaman selama kehamilan karena ternyata tiap kehamilan akan beda rasanya, antara ibu yang satu dengan ibu lainnya, antara anak yang satu dengan anak lainnya walaupun ibunya sama… jadi saya pengen mencatat setiap momen penting kehamilan ini, buat kenang-kenangan pas dia udah lahir, dan bisa saya baca sama-sama bareng anak dan suami hehehe
Okeh kita mulai yuk….
1. Mual muntah
Ternyata di cerita saya sebelumnya, penanda saya hamil karena mual muntah, semuaitu berlanjut sampai sekarang di usia kehamilan 10-11 minggu, mulai dari morning sickness sampai minggu ke-8, hingga lanjut ke muntah di waktu magrib hahaha.
Obat-obatan? Wah jangan tanya, mulai dari anvomer (isinya vit B6) sampe ke narfoz( isinya ondansetron) itu udah pada saya minum, masih gak mempan juga hehe.
Pas minggu ke-6 suka mual cium badan suami, alhamdulillah gak berlangsung lama, sekarang udah gak lagi hahahaha
Bau masakan juga iya, jadi saya bisa dibilang jaraaang masak…padahal saya kan sangat hobi masak. Kadang kasian sama suami, suka kangen masakan saya..paling kalaupun masak, masak yang tawar-tawar gak terlalu tajam baunya hehe, dan alhamdulillah suami pengertian, doi gak maksa saya buat bisa masak.
Dateng ke kondangan or tempat rame, suka mual…pernah diajakin ke mall, pulangnya muntah-muntah😀
Minum air dingin juga bisa bikin saya muntah, jadi sukanya minum air hangat kuku.
Solusi mual muntah ini akhirnya bisa dikurangin dengan air rebusan jahe,tadinya ada temen yang bilang cobain minum bandrek, berhubung disini jarang ada plus ngeri juga ntar bandreknya dicampur macem-macem, akhirnya saya bikin air rebusan jahe. Caranya iris tipis jahe yang ukurannya satu telunjuk, direbus dalam air satu cangkir. Dimasak di atas api sampai tercium aroma jahe, pas minumnya kasih tambahan sedikit gula batu. Habis minum itu, alhamdulillah lebih ngefek ketimbang obat ehehe. Lagipula saya coba cari artikel-artikel kesehatan,insya Allah jahe aman buat diminum ibu hamil😀
Walaupun mual muntah, alhamdulillah saya tetap doyan makan, sehingga gak harus sampe bedrest dan jangan sampe deh harus bedrest di rumah sakit.
2. Kudel kumel kucel
Iya, bisa disingkat jadi 3K. Karena tau hamil, semua produk skincare saya stopkarena takut bahaya buat janin, bahkan mau pake bedak juga males *alesan* hahaha.
Kalau baca dari FDA yang sejauh ini memang GAK BOLEH dipake ibu hamil adalah produk yang mengandung Retinoid dan turunannya (banyak di krim anti aging or krim pencerah or obat jerawat juga ada, sebelum hamil memang gak pake produk ini), asam salisilat, AHA, paraben(masih pro dan kontra)… karena suamiku ini gak mau janinnya kenapa-kenapa (walaupun kadang emaknye pengen centil-dandan pas hamil), jadi suami menyarankan selama hamil stop pake apapun. Saya sempat protes, trus bilang mau pake produk yang memang aman, suami bilang bates facial wash aja. Soalnya kan saya mulai gak betah ada jerawat dikit-dikit di muka, pas lagi jalan muka kudel, bibir pucat…
Pas konsul ke dokter kandungan di RS Bunda Menteng si dokter bilang : gak usah pake apa-apa ya ibu, kan sayang dengan janinnya, lagian kan itu pengaruh hormon, selama masih hamil artinya hormonnya bekerja, jadi mau kita obatin/rawat juga percuma.
Suami akhirnya ketawa, tuh kan gak percaya hahaha. Saya tadinya mikir, kan yang penting bahannya gak bahaya. Trus suami bilang, tahanin aja dulu sayang, toh kakak juga gak minta kamu macem-macem, gak menuntut kamu harus terawat kayak sebelum hamil, jadi kenapa kamu harus pusing, kan kamu cantik juga buat suami, bagi kakak kamu hamil udah segala-galanya. ( ya ampuuuun, so sweeeet :p).
Tapi memang bener, di minggu ke 10-11 ini, jerawat di muka mulai berkurang. Selain jerawatan di muka, kulit badan saya kering dan gatel, saya gak pakein apapun kecuali minyak zaitun plus kalau lagi gatel banget olesin minyak kayu putih…. ternyata it works, mendingan gatelnya, dan kulit keringnya berkurang. Insya Allah minyak zaitun aman buat ibu hamil.
Kalau untuk sabun, malah tadinya jarang pake sabun, sekarang udah enakan bisa pake sabun bayi.
Ya ampyuun nak nak, hormon kehamilan bunda besar banget pengaruhnya ke badan bunda, semoga kamu sehat ya nak hehehe.

3. Perubahan bentuk badan
Alhamdulilah BB saya bertambah, dari awalnya 50kg sekarang jadi 53 kg, dan pas saya tanya suami : sayang, putri gemukan ya? Trus suami bilang, namanya juga hamil, pasti gemuk sayang hahaha. Gemuknya terpusat di tubuh bagian tengah, alhamdulillah belum ada bengkak-bengkak….
Udah gak tahan pengen segera ikutan yoga kehamilan, soalnya badan pegel-pegeeeel semua hahaha. Syarat yoga ternyata kehamilan harus diatas trimester 1. Kalau di Jakarta, RS yang saya datangi mengadakan kelas yoga, jadi saya mau daftar, nanti kalau udah balik ke palembang, insya Allah saya akan lanjut kontrol, yoga dan bersalin di RS Hermina Palembang. Kenapa pilih hermina? Nanti deh kita bahas di segmen berikutnya hihiihi

4. Suka dan tidak suka makanan tertentu
Dulu sebelum hamil doyan banget sama nasi uduk, bubur ayam….sekarang ngeliat dan nyium baunya aja bikin saya mual.
Sebelum hamil doyan banget kedondong, bisa habis 5 biji sendirian, pas hamil gak bisa makan banyak,mual…mungkin karena asamnya ya.
Sebelum hamil gak suka sama nasi padang, bisa dihitung dalam sebulan makan nasi padang, pas hamil beneran doyan, apalagi ayam gulainya hihiihi
Yang masih pengen dimakan dan gak akan dimakan sampai melahirkan adalah mie instant huhuhu (nangis darah), suka digodain sama suami pas lagi liat ada iklan mie hahaha apalagi pop mie, uhhhh kepengen banget *curhat di blog aja, kalau ke suami pasti ujungnya disuruh stop ngomongin mie nya dan pasti gak dibolehin hahaha*

5. Suka acara tertentu
Sebelum hamil sukanya nonton drama korea, pas hamil, beneran gak kepengen nonton. Sekarang sukanya nonton drama seri/ film detektif. Mulai dari body of proof, law and order, sherlock, dan lainlain. Suami pun sampai heran dengan perubahan saya hahaha.
Akhirnya saya sempet konsul ke temen yang lagi ambil sekolah spesialis kedokteran jiwa, saya tanya ada pengaruh negatif gak ke janin kalau hobi nonton film detektif. Temen jawab, sejauh ini belum ada evidence base medicine yang bilang pengaruh langsung ke janin, asalkan habis nonton itu si ibu gak sedih, gak kepikiran, gak nangis, depresi, atau malah kecanduan yang akhirnya malah bikin begadang dan gak istirahat. Hihihi kalau happy, saya selalu happy habis nonton , berasa rasa penasaran saya terjawab di tiap episodenya, suka sama pemecahan pemikirannya. Kalau sampe candu dan gak istirahat gak mungkin, karena mata saya pasti terpejam dengan sndirinya maksimal jam 10 malam hahaha.

6. Pengen nginep di hotel
Ahhh ini mah alasan emaknya aja biar bisa kencan sama bapaknya hahah (kata suami). Ntah sih, pengen aja berduaan sama suami di hotel, walaupun gak harus diluar kota, karena sekarang lagi dijakarta, ya hotel jakarta. Bulan september udah terlaksana di bestwestern hotel, nah oktober suami ngajakin di harris tebet, hotel pertama yang kami kunjungi pada saat awal nikah dulu. Haseeek dek, bulan oktober ayah ajakin kita nginep hotel lagi hehehe. Kita doain supaya rejeki ayah makin berkah dan berlimpah dek😀

Ehh udahan dulu, ntar disambung lagi…masih banyaaaak banget cerita lainnya, dan pasti setiap ibu hamil gakpengen melupakan moment kehamilannya hihihi.
We love you baby, we are blessed ^^

Leave a Reply

