mukenah…ohh mukenah


Hello…assalamualaykum semua ^^

Semoga selalu bahagia dan penuh keberkahan ya kita…

Kali ini pengen nulis sesuatu yg ringan tapi juga terkadang suka lupa/ berat buat dilakukan😀

Jadi gini, sebagai wanita muslimah… shalat 5 waktu itu kan wajib ya buat dikerjakan, mau dimana pun kita berada, ketika azan udah tiba,  kita udah terpanggil buat shalat….dan kita wajib shalat donk:D

Nah…sering kan ya, ketika di mall, di kampus, atau di tempat-tempat umum kita harus melaksanakan shalat, dan sering juga kan ya, kita menemukan di tempat ibadah/ mushola dari mall, kampus atau tempat umum tersebut mukenahnya “tidak memadai” (memang tidak di seluruh tempat umum tapi kebanyakannya ya gitu).

Ya…tidak memadai, namanya juga tempat umum, banyak orang ya pake, kalau mau enak ya dirumah sendiri (pasti ada berpikir gini kan), dan ntah kenapa saya lihat banyak juga yang “tahan” buat makenya, walaupun sambil ngedumel dalem ati pas milih-milih mukenahnya :p

Banyak sih yg dikeluhkan, mulai dari warnanya yang udah gak putih lagi tapi penuh dengan bercak coklat sampe bintik-bintik kehitaman bahkan sampe ada darah bekas nyamuk mungkin :p , kemudian bau yang lumayan menyengat yang bikin kita buru-buru melepasnya ketika selesai salam, bahkan juga ada yang robek, tali iketan kepalanya or karet pingganngya lepas jadi ketika shalat sering “mlorot”… hahaha eike kok paham bener? ya iyah, dulu pernah ngalamin hal yang kayak gini😀

Sampailah di satu fase, hayuklah kita berpikir, kenapa ya kita gak bawa mukenah sendiri aja? Gak harus yang mahal deh, gak harus juga yang berat karena bahannya mahal, or penuh manik-manik… yang penting, mukenah yang suci dari najis dan hadats,  serta emang mukenah kita sendiri bukan curian (ya elah lebay kalo sampe nyuri mukenah ;p), serta menutup aurat… :>. Banyak kan mukenah yang ringan,lengkap dengan tasnya yang imut dan harganya juga gak bkin kantong bolong😀

Mungkin ada beberapa muslimah yang bilang : pakaian kami sudah bisa dipakai shalat,jilbab panjang dan lebar, lalu memakai pakaian gamis panjang tidak ketat, kami memakai manset serta kaos kaki, jadi kami gak perlu repot-repot bawa mukenah…

Saya disini gak menyalahkan pendapat  tersebut, Cuma supaya lebih hati-hati gak ada salahnya dibawa juga😀 ..mungkin kaos kaki yang kita pakai kena kotoran, namanya juga di kaki, sendal kebuka, atau pas kita pipis, kecipratan pipis (karena kaos kaki gak sempet dibuka).. kecuali bawa kaos kaki ganti yang baru every time hehe. Atau juga baju udah lengkap, tapi lupa pakai manset tangan, jadi pas angkat tangan takbiratul ihram, keliatan diiiikiiiit aja pergelangan tangannya…padahal yang boleh terlihat hanya muka dan telapak tangan, lebih menjaga kehati-hatian aja😀

Saya nulis ini bukan merasa saya paling bener lho, saya juga belajar… tiba-tiba kepikiran pengen nulis karena beberapa kali shalat di mushola umum, pemandangan yang saya liat ya kayak gini, dan beberapa muslimah banyak yang riweh antri buat pilih mukenah yang masih layak pakai, sambil juga ngedumel pas habis shalat : mukenahnya bau dll, atau juga malah rebut-rebutan mukenah hehe… Padahal kan ya, kita diharapkan shalat dengan khusyuk,kira-kira bakalan khusyuk gak ya kalau mukenahnya “nyengat” hehehe.

Makanya juga suami saya selalu ingetin buat bawa mukenah, kata doi dalam tas wajib bawa 1, dalam mobil juga harus ada 1… jadi ada fase kita tuker tas (Cuma bawa tas kecil doang)  di dalam mobil udah ada sedia 1. Dan yang paling prinsip adalah coba kita pikirkan ketika mukenah umum tersebut dicuci, kira-kira air cucianya bersih dari najis dan hadats gak ya? Naah, daripada ragu-ragu ayok kita budayakan bawa mukenah sendiri😀

Kalau udah terbiasa bawa, jangan lupa juga lho dicuci hehe jangan mentang-mentang dipake sendiri, jadi jarang dicuci…  shalat itu menghadap Tuhan, sarana komunikasi kita dengan sang Pencipta…baju aja harus bersih dan suci,apalagi mukenah hehehe.

Sekali lagi saya juga sama-sama belajar, dan saya sangat bersyukur bahkan di hal-hal yang terlihat “sepele” seperti ini , suami tersayang selalu ada buat mengingatkan😀

Karena hidup adalah proses belajar, dan bahkan untuk menjadi orang yang baik juga harus ada ilmunya… agar baik yang tidak hanya baik, tapi berusaha istiqomah juga dalam kebaikan😀

Bagi yang sudah mengerjakan hal ini semoga selalu istiqomah, bagi yang belum mengerjakan hayuklah mulai kita kerjakan😀

Dan nilai plusnya, saat kita bawa mukenah sendiri, trus ada temen yang mau pinjem, insya Alloh jadi sarana tambahan pahala buat kita…

Ahh, Allohuakbar, indahnya islam…bahkan hal ibadat pun ada etika dan seni, gak boleh sembarangan ^^

Udaaahan ya…maaf kalau ada salah-salah kata,sebagai sarana buat belajar sama-sama, dan tentunya semua tergantung prinsip masing-masing ^^

Salam bahagia dari kami,pasangan bahagia :*

IMG_20130917_115322

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s