gak ada sesuatu yang sia-sia (bahkan hal terkecil sekalipun)


assalamualaikum….

first post on march ni reader hihihi…rasanya kok makin pengen sering-sering nulis😀

jadi ceritanya, awal bulan kemarin (februari), selesai nguji mahasiswa yang remedial…saya dan 3 orang teman saya (yang pernah saya ceritakan di postingan yang lain :P) dapat surat tugas buat mengikuti pelatihan penulisan proposal penelitian HIbah Bersaning (baca sendiri ya) selama 3 hari dan menginap. *ampun dah, kalo udah urusan penelitian dan penulisannya asli rasanya gak minat banget, cukuplah jaman skripsi kuliah kali ya (ini sih gumaman dalam hati) *

Lalu kenapa kami yang terpilih??? karena kami berempat memang dosen pemula, jadi kami dianjurkan ikut dalam rangka pembinaan dosen baru. hokehhh…awalnya terkesan menarik, tapi pas lihat undangan, pelaksanaan acaranya ada di kota prabumulih *sekitar 2-3 jam dari Palembang*…whaaatttt??? kenapa harus disana ya? Palembang kan banyak hotel dan tempat yang bagus…(ternyata, kata senior, acara tahun sebelumnya memang diadakan jauh dari pusat kota palembang dengan harapan peserta lebih konsentrasi *pada gak banyak minggat ke mall atau titip absen saja red )
Hokeh makin tidak menarik hahaaha.

Dan ternyata, seorang doktor yang juga ketua panitia acara tersebut sms kami berempat untuk mengkonfirmasi apakah kami bisa ikut, dan beliau meminta kami menyerahkan proposal yang akan kami ajukan. *ohhh my God,bikin proposal lagi???
Padahal jarak pemberian undangan dengan kegiatan hanya sekitar 3 minggu, gak mungkin banget kan bisa siap proposalnya.

Singkat cerita kami menghadap dosen senior yang sebelumnya sudah mengikuti acara tersebut, kata sang senior kami disuruh siapkan aja proposal penelitian skripsi kami dulu, anggap aja kami disana cuma buat ikut pelatihan tanpa berharap proposal kami terpilih, tapi kalaupun sudah ada proposal penelitian tidak apa-apa diajukan, karena proposal yang di-acc di pelatihan akan dikirim ke DIKTI dan akan diseleksi untuk mendapatkan dana.

Huahhh agak lega sedikit hehehe tapi ya itu, tetep aja rasanya gak minat, apalagi salah satu dari temen saya (yang sudah punya anak) ambil keputusan gak bisa ikut karena kasian sama anaknya yang masih 8 bulan dan ASI ekslusif.  Tapi, di satu sisi sang suami tercinta bilang ke saya : “ikutlah sayang, kakak kan lagi di luar kota, kamu juga lagi libur gak ada kegiatan,mending ikut sambil isi kekosongan waktu, aplagi transportasi, akomodasi ditanggung plus dapat pengalaman”.

hmmm, iya juga sih…tapi rasanya bingung mau memulai lagi apalagi belajar hal-hal yang berkaitan dengan penelitian hahaha.

sang suami kembali mensupport dan bilang ” gak ada yang sia-sia, apalagi kan nanti dapet sertifikat, pasti ada nilai plusnya buat perkembangan karier kamu sayang”

saya masih menjawab : “tapi si A gak ikut kak, dan ternyata kegiatan ini gak diwajibkan kok”

suami : ” walaupun gak wajib tapi pasti jadi nilai plus sayang, walaupun kamu gak niat mengajukan proposal penelitian, tapi kan kamu belajar dan pelatihan disana, kalau ada penelitian beneran kamu udah ada bekal. Yang namanya dosen ada kewajiban buat meneliti sayang…akan ada beda antara yang ikut dibandingkan yang tidak ikut sayang”

okehsip…diskusi selesai dan saya memutuskan ikut hehehehe *dengan niat menurui apa kata suami*

Akhirnya 1 hari sebelum keberangkatan kami disuruh rapat besar peserta di universitas, kami bertiga datang terlambat karena salah satu teman belum nge-print proposalnya hahahha kacau banget, emang kami dasar gak niat.

sampai di universitas, rapat sudah selesai…yang kami lihat tinggal ketua panitia (doktor yang sms kami), dia memberikan pengarahan dan memberitahukan bahwa nantinya kamar akan dipisah-pisah, peserta yang satu fakultas dipecah untuk bergabung dengan peserta fakultas lain. Dan kami lihat daftar peserta, semuanya S2 dan S3, melihat sekeliling sisa-sisa peserta adalah ibu-ibu dan bapak-bapak usia 35-50 hahahahaha.

Kami udah bikin rencana bertiga bahwa kami nantinya akan sekamar walaupun dari panitia dipisah *dasar nakal ya kami hahahaha

kata seorang teman : gak kebayang kita sekamar sama ibu-ibu, nanti mereka pusing ngeliat saya yang suka bangun kesiangan hahahaha

Malemnya dapat kabar, sang teman sakit, akhirnya yang jadi peserta tambah mengkerucut dari 4 orang menjadi 2 orang saja, dan salah satunya adalah saya.

oke…jam 8 pagi pada hari senin kami semua berkumpul di universitas dan benar saja, para peserta yang paling muda adalah kami berdua. Bahkan kami dikira mahasiswa yang menjadi panitia acara tersebut….Grrrrr ><

kami berangkat serentak  dengan bus fakultas….karena saya dan teman saya terlambat, dan juga dikira mahasiswa, jadi kami “dibiarkan”duduk di jok paling belakang, dan untungnya cuma satu orang bapak yang duduk di samping kami, jadi jok paling belakang mestinya bisa diduduki 5 orang, hanya diduduki oleh kami bertiga, dan itu cukup melegakan😀

image

Masalah tidak sampai disitu, ternyata AC busnya gak hidup, cuma anginnya aja boooo, itupun anginnya gak kena ke kami yang duduk paling belakang karena anginnya gak jatuh ke posisi kami, tapi langsung kedepan. huwaaah, sepanjang perjalanan udah banyak yang mulai mengeluh,termasuk saya dan teman saya yang tersiksa duduk dibelakang,apalagi jalanan lagi macet karena di pinggir jalan banyak genangan air karena banjir pasang yang melanda kota palembang.
Dari jauh suami saya sms mengatakan untuk tidur saja agar perjalanan tidak terlalu terasa…then, kami tidur lelap.

Tak terasa, sampai di hotel…huwaahh lumyanlah, hotelnya lumayan bagus untuk ukuran di daerah, apalagi kami menginap gratis.
Sampai di hotel semua peserta pada sibuk untuk tukaran kamar agar sekamar dengan teman masing-masing *dan tentu saja kami adalah peserta yang paling niat buat tukaran kamar hahahaha.

image

Selesai beres-beres kamar, peserta dianjurkan makan siang…*menu makanan juga lumayan hihihi.
Selesai makan, istirahat di kamar masing-masing. Setelah ashar, pembukaan acara dimulai.

Singkat cerita, ternyata acaranya sangaaaaaat menarik, walaupun para pesertanya adalah dosen-dosen senior dengan latar belakang pendidikan S2 maupun S3, mereka sangat low profile dan kelihatan sangat antusias untuk belajar…apalgi materi yang disampaikan sangat menarik….*mulai ngerasa bersyukur bisa ikut kegiatan ini😀

image

*makan gratis, hotel gratis, ilmu gratis :p

image

Ini salah satu contoh hasil penelitian, dan beliau merupakan narasumber di kegiatan ini😀 (bisa dibayangkan kan betapa menariknya acara ini)

Saya dan teman saya sangat enjoy di kegiatan ini, apalagi para peserta senior memaklumi “kejunioran” kami, mereka malah sangat senang karena walaupun usia kami sangat muda, udah bisa ikut acara ini. Pada jaman mereka dulu, mereka baru bisa ikut kegiatan seperti ini setelah 5 tahun menjadi dosen. *huwaaahhh alhamdulillah makin bersyukur😀

Akhirnya puncak acara pun tiba, proposal yang dibawa peserta harus dipresentasikan dan tentu saja proposal kami tidak di-acc untuk diseleksi hahahaha.
Tapiiiiii ternyata, kami dianjurkan untuk mengikuti penelitian bagi Dosen Pemula, kata ketua panitia, setiap peserta yang ikut kegiatan ini, harus bisa menyiapkan proposal….karena tujuannya memang agar semua peserta bisa meneliti.
Lagi-lagi mengucap syukur, tidak hanya pengalaman tapi juga ilmu pun kami dapat dan kami bisa mengenal para dosen-dosen dan narasumber yang luar biasa😀

Saya dan teman gak berhenti bersyukur, dan tidak menyesal bisa ikut kegiatan ini. Apalagi di akhir kegiatan kami mendapatkan sertifikat dan uang “pesangon” Rp 250.000 (uangnya memang kecil, tapi ilmunya gak ternilai).

image

Dan akhirnya saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada suami saya, karena berkat supportnya saya bisa merasakan manfaat kegiatan ini😀
Dan benar adanya…bahwa gak ada sesuatu yang sia-sia, bahkan hal kecil sekalipun, jangan meremehkan sesuatu karena kita tidak tahu hikmah di balik sesuatu/kejadian tersebut😀

*salam cinta dari kami, pasangan yang penuh cinta :))))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s