you are what you eat ^^


uhuk…assalamualikum😀

judul tulisan malem ini gak asing….banyak banget ni lho cadangan tulisan di draft, tapi belum pada rampung, ide-ide bermunculan eh ujungnya malah gak fokus ahahahaha.

yaudin ah, malem ni curhat aja…

ia tentang makanan…he’eh, gak jauh-jauhlah hihi.

makanansehat

saya bukan orang yang hobi makan. Saya suka makan sering tapi porsi kecil, ketimbang makan sekali porsi besar.

Dan tahun ini adalah tahun ketiga dalam proses saya menghindari junk food friedchicken dan kawan-kawannya *yeaaayyy tepok-tangan buat diri sendiri hihihi.
F.chicken, burger, pizza…udah beneran steril 3 tahun ini. Kenapah? Yaaahh…yang hobi baca udah taulah ya efek negatifnya. High kolesterol and calori, low vitamin and mineral…makanya disebut “junk food”.
Jadi, makan si junk food jenis ini sebenernya cuma enak di mulut, kenyang tapi kosong gak ada nilai…haisssh sangat gak bagus buat kesehatan, apalagi khusus buat kita para cewek, baik dari segi alat reproduksi maupun kecantikan hihihi.
Motivasiku apa sih?
Yah…sebenernya karena pertama dari membaca, kedua karena di kedokteran dipelajari, ketiga sering ketemu pasien dengan pola makan yang gak sehat “bentuknya” seperti apa, ikut seminar kesehatan..jadi ujungnya mikir sendiri deh😀

Dari segi kedokteran, seorang guru saya yang juga sebagai dokter spesialis gizi klinik ngomong bahwa ” obat aja gak cukup buat ngobatin pasien, kalau makanan yang dia makan gak bener, makanya kadang di rumah sakit makanan pasiennya beda ketimbang orang sehat, karena memang ada pengaturan dietnya”

ya iya,bener banget tuh. Makan obat mau sebagus apa, kalo gizi badannya kurang, gimana mau absorpsi obatnya dengan baik😀

Lagipula trend sekarang orang-orang suka dengan memakan suplemen merk A- B-C dan sebagainya buat bagusin kulit, biar badan gak gampang capek dll…padahal, kalau kita memilih makanan yang tepat sehat bergizi, maka suplemen tidak terlalu diperlukan alias gak urgent banget dikonsumsi.
Makanya..ada istilah you are what you eat : kamu adalah apa yang kamu makan

orang yang kulitnya kusam, lemak badannya terselip dimana-mana, rambut yang mudah banget rontok, kepala yang suka pusing dan seterusnya, coba deh di cek, pola makannya seperti apa. Saya bukan brarti orang yang sehat dan mutlak bersih 100% tapi memang makanan yang sehat bener-bener berpengaruh ke tampilan tubuh kita.

Gak usah jauh-jauh dengan pengalaman orang, saya bagi pengalaman saya sendiri…sejak beberapa bulan sebelum menikah saya teratur selalu rajin mengkonsmsi buah *ntah dalam bentuk juice atau buah langsung setap hari, dan efeknya memang terasa, khususnya di kulit wajah *niatnya buat persiapan nikah, eh ujungnya keterusan deh😀. Jerawat gak gampang muncul serta kata orang-orang muka saya seger*narsissss :p. Padahal ni ya, dulu waktu masih jaman kuliah semester awal, masih polos dan lugu alias gak sempet ngurus-ngurusin hal kayak gini karena sibuk belajar *ahaaa siap kena getok :p muka saya tu kusem banget, banyak bintik-bintik hitam. Trus kulit badan saya tu basicnya cerah terlihat kusam *saya lebih suka dibilang kuning ketimbang putih ;p,karena dulunya gak terlalu ngeh buat dirawat. Tapi setelah banyak membaca, belajar juga saat kuliah, trus ngeliat dokter-dokter senior yang masih ketce padahal udah berumur tidak muda lagi, yah akhirnya saya mulai rajin merawat diri hahahaha.

Ternyata guys, perawatan dari luar aja gak cukup, kita harus menjaga pola makan, memilah-milah makanan apa yang pantas masuk ke tubuh kita:D

Bulan kemarin juga ikut seminar kesehatan dengan narasumber prof.Dr. Michael Klentze, MD (President of Klentze institut), salah satu poin paling pentingnya adalah MSG dan Aspartam adalah dua bahan yang bisa menyebabkan Brain Aging (suka tiba-tiba pusing, ingatan gampang lupa, ujungnya ke demensia dan alhzeimer padahal usia masih muda)…wooowwww, apa kabarnya mie instan ya?..beneran makin serem dengan makanan yang dijual bebas. Kemarin-kemarin masih kepikiran buat konsumsi nugget, dan daging kornet kalengan….but sekarang jadi bener-bener harus mengurangi makanan instan, bener-bener dibatasi *yang liat postingan saya lumpia isi kornet itu adalah terakhir saya makan nugget hehehe tapi kalau sesekali gak masalh kok, karena tubuh punya kemampuan buat menguaraikan bahan tersebut *makanya masih diposting*, kalau bisa sih gak sama sekali alias steril :p . Alhamdulillah, Kalau soal memasak, dari sebelum menikah saya selalu percaya diri untuk tidak memakai penyedap masakan, baik merk Sasa, Royko, Masako dll.

Trus gimana dengan jajanan diluar???itulah tantangannya, bagi yang suka kulineran memang susyah juga ya, karena tu restoran/tempat makan gak mungkin gak pake MSG….so, beruntungah yang bisa masak dan mau memasak…maka kesempatan untuk hidup lebih sehat lebih gampang dilakukan:D

Sekali lagi, saya gak bilang kalau saya 100% sehat ya….tapi yok mulai sekarang sama-sama menjaga apa yang kita makan ^^

Thanks GOD saya bisa masuk di jurusan ini, karena kalau mau dipraktekkan, semua teori kedokteran yang dipelajari bener-benar bagus buat tubuh kita, yah makanya memang sudah sewajarnya seorang dokter harus sehat fisiknya biar pasiennya juga tersugesti dan percaya buat sehat ^^

Pilihlah makanan yang sehat, cara memasak/mengolah makanan yang benar , selalu sertakan buah dalam porsi makananmu, olahraga, tidur yang cukup, pakailah produk yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tak lupa selalu mendekatkan diri kepada Tuhanmu, maka aura dari kamu akan terpancar positif ^^…itu semua teori, tapi percaya deh kalau dipraktekin, it works!!!

*saya review dikit ya

Sebagai wanita, saya juga percaya bahwa olahraga itu tidak hanya benar-benar menjaga kestabilan tubuh kita tapi juga berefek ke kulit, ya iyalah dengan olahraga aliran darah menjadi lancar, kerja jantung baik, efeknya si kulit mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan si lemak terbakar karena olahraga sendiri membakar energi kita.

Dulu sebelum menikah, saya masih suka rajin aerobik/pilates bareng temen-temen ke tempat olahraga khusus wanita, but karena sekarang tempat tinggal saya udah beda, maka jaraknya jauh yah akhirnya setelah nikah bener-bener gak pernah lagi olahraga ke sanggar T_T

Tapi olahraga gak harus ke sanggar kok reader, kita masak di dapur, beberes kamar, jalan kaki, itu semua juga termasuk gerakan badan pembunuh kalori tubuh hehe, dan saya selalu nyempetin olahraga pake alat per hari. Dengan olahraga, memang badan terasa lebih segar^^

si suami saya paksa olahraga, biar sehatnya sama-sama:p

si suami saya paksa olahraga, biar sehatnya sama-sama:p

Kalau tentang tidur, saya adalah orang pertama yang akan tunjuk tangan kalau ada yang nanya siapa gak tahan begadang….

ya, saya gak tahan begadang…selain punya rhinitis alergi yang akan kumat kalau saya begadang, saya bener-bener akan kelelahan besoknya..*begimana nanti kalo punya baby? aihhh itu mah kewajiban kaleee buat begadang, beda passionnya dan pastinya saya gak akan keberatan buat begadang hehe.

Saya merasa efek negatif begadang adalah jaman-jaman kuliah dulu, khususnya koass…karena kami ada stase jaga malam, jaga ugd maupun bangsal, yang mana tidurnya cuma bentar-bentar doank…karena melayani pasien. Dan memang, jaman koass saya merasa muka saya kuyu banget, kulit badan juga gak kenyal, dan capeknya akan luar binasa besoknya ….trus si sekret dari hidung gk berenti meler ;p

Now sejak udah kerja, saya jarang banget ambil jadwal malam di rumah sakit, apalagi sejak nikah….suami gak kasih izin saya tidur di rumah sakit hehehe. Dan hasilnya? i feel better, lebih segar, lebih sehat. Tidur yang cukup memang baik banget buat kesehatan. Karena sejatinya tubuh kita butuh istirahat, berikan mereka haknya, kalau mereka kerja terlalu keras dan jadi kebiasaan yang menahun itulah ada istilah “penuaan dini”  . Alhamdulillah juga, sejak nikah rhinitis saya gak pernah kambuh lho, apa memang status imun saya meningkat sejak nikah hahaha karena kalau malam, ngeliat wajah suami tidur manis sambil meluk saya tu bener-bener peningkat imun yang luar biasa hahahaha. Jadi tidur yang cukup minimal 6-8 jam waktu malam (bukan tidur siang atau tidur dari jam 2 sampe jam 10 besoknya) sangat berefek positif buat tubuh kamu, penuaan dini???? jauuuh dah :D

Kalau memakai produk buat tubuh sih itu beda-beda orang ya, karena tiap orang berbeda jenis kulitnya. Gak bisa maksain pake produk ini dan itu, kalau ternyata gak cucok yang rugi siapa hayooo? . Kayak kulit saya yang ternyata masuk kategori sensitive ini, alarm tubuh saya lebih cepet bunyi ketika saya pakai produk yang bahannya kelewat keras. Contohnya produk wajah, saya gak berani pake macem-macem, cukup sunblock dan bedak dalam bentuk tabur *bukan bedak bayi ya, tapi bedak wanita yang bukan compact or pressed powder. Udah pas buat saya sehari-hari…plus lipstik doank. *kalau kata suami sih, gak usah didandanin juga udah cantik dari sononye hahahaha*. Bersihkan wajah sebelum tidur atau setelah beraktivitas, itu dah sangat cukup buat muka jadi bersih. *kenapa saya bilang sunblock bukan foundation??? karena sunblock ngefek banget buat kulit, bukan buat mutihin ya tapi mencegah terserapnya UVA UVB sinar matahari it means that mencegah penuaan dini juga *

perawatan badan yah wajiblah luluran, pakai body cream atau lotion, sabun yang ringan *karena ada sabun yang kandungan detergennya tinggi banget* maskeran muka and rambut, pembersih penyegar dan facialan sendiri dirumah. Ini semua udah sangat baik efeknya buat tubuh kita, gak harus suntik ini dan itu atau pake laser or masker emas hehehhe. Yang Telaten akan lebih tahan hasilnya ketimbang yang instan walaupun yang instan memang tampak lebih “wah” hihihi. Percuma juga nyalon berjuta-juta tapi pola makan, pola tidur gak terjaga, apalagi sampe merokok. Tapi buat nyalon perawatan tubuh gak dilarang juga kok hehehe asal diimbangi dengan gaya hidup sehat ^^

NOW….resolusi saya sekarang adalah pengen steril dari minuman bersoda(cola, pepsi, fanta dll), hmmm setahun ini sih minum pas lebaran aja…pengennya mulai sekarang gak lagi. *beneran ^^

Kalau kayak mie instan, boleh dimakan asal dibatasi maksimal satu bungkus per minggu. Karena dosen saya juga bilang, tubuh kita baru bebas dari mie instan setelah kita makan mie instan seminggu sebelumnya *artinya proses urainya seminggu ya* Jadi yang makan mie instan hampir tiap hari, hayok di stop!! Soalnya jaman koass dulu, saya ketemu wanita muda 20an yang mukanya kusam, kurus kering, kulitnya hitam serta ada gagal ginjal akut, dia ngomong dulu dari umur belasan tahun dia tiap hari makan mie instan karena mau praktis. Memang gak ada teori yang bilang bahwa makan mie instan secara langsung bikin gagal ginjal, but adanya gagal ginjal menunjukkan bahwa metabolisme tubuh dia gak bagus….terlihat juga dari kulit dan tubuhnya itu artinya bahwa apa yang dia makan selama ini berefek ke tubuhnya. Saya sama suami juga jarang makan mie instan, kalau memang kepeeeeengeeeen banget baru deh makan….dan kepengen bangetnya itu gak tiap bulan lho, udah bisa lebih dari sebulan, hehehe.

Kalau Bakso??? iya itu jelas banget ya MSG nya..hehehe itu juga harus dikurangi, sangat minimal. Sejak menikah,kayaknya baru tiga kali makan bakso diluar, kalaupun mau makan bakso hayuklah kita mending buat aja sendiri dirumah. Sesekali gak masalah, asal jangan sering. *dan untungnya sang suami ini gak hobimakan bakso, jadi kalau lagi pengen makan diluar menu bakso adalah pilihan terbawah :p

trus yang hobi kulineran?saya gak bilang mutlak dilarang 100%, saya juga suka kok hehehe karena memang dinner or lunch dengan pasangan adalah salah satu momen romantis kita kan??? akan tetapi selalu kita ingatkan diri kita untuk memilih dan memilah makanan yang sehat, dan juga kasih rentang waktu jarak buat kulineran…ya selain sehat, juga hemat hahahaha.

Yang paling sulit saya hindari adalah pempek…sampai detik ini, pempek tu adalah kuliner yang tidak membosankan *belum mau beresolusi untuk menguranginya, pilih-pilih pempeknya apa dan bila perlu juga buat sendiri.

Ahhh mau sehat kok ribet???? lha iya toh…ketimbang udah sakit, lebih ribet lagi. Mumpung belum sakit, ya dicegah..karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati

Kita di masa tua, adalah kita yang membentuk diri di masa muda….kalau dari muda pola hidupnya sehat,mudah-mudahan saat tua gak sakit-sakitan ^^

udah ya…panjang banget. Namanya juga curcol…mudah-mudahan bermanfaat. hehehe.

kayak slogan iklan “forever young i want to be…forever young”

Tua itu pasti, tapi menua dan tetap sehat itu pilihan !!!!

Allah memerintahkan kita untuk memakan makanan yang halal dan baik / Halalan Thoyyiban

Al Qur’an, Surat Al Maidah : 88 yang artinya:

“dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”

 

kalau kita sehat, maka kita punya kemampuan untuk melayani dan menjaga pasangan kita…dengan kita sehat, kita juga menyehatkan suami kita…

kalau kita sehat, maka kita menarik…dan menarik di depan suami itu bernilai pahala lho karena akan bikin suami makin nyaman dan tentram dirumah ^^

 

Noted : terharu dan seneng banget waktu suami bilang dia bersyukur dapet istri kayak saya, coz dia merasa diperlakukan spesial, salah satu perlakuan spesial itu adalah saya menjaga tubuh saya dan penampilan saya agar selalu menarik di depannya…hahahaha *jauhin daster, jangan bau bawang ya pas lagi deket suami😛

 

foto bedua lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s