oseng-oseng tempe sayur kacang ^^


hai hai assalamualaikum….

bagaimana dengan pagi anda hari ini? pagi ini saya ingin membagi resep leluhur *halaahhh.

iya ni..bagi penyuka tempe,tempe memang produk nabati yang menyehatkan… ni ni baca manfaat tempe ^^

bagi yang bilang tempe itu produk pinggiran alias lowclass artinya dia belum mengerti ilmu gizi😀

jadi ceritanya resep ini saya tau pertama kali sejak smp, yaitu saat saya pertama kali mulai dilepas memasak sama ibu hehehe karena

oh karena, papa sangat suka sama oseng-oseng tempe ini. Tapi resep ini saya kreasikan lagi, karena badnews nya adalah walaupan saya

penyuka tempe, suami saya tidak suka lebih tepatnya hmmm menghindari tempe ;p. Selama 6 bulan menikah, produk tempe saya

kreasikan mulai dari tempe goreng tepung, sambal tempe, pergedel tempe…semuanya suami kurang doyan :p. Akhirnya saya ingat

resep ini, maka saya coba buat dan alhamdulillah kata suami, rasa tempenya berbeda hahahaha. *bangga betul coz setelah 26 tahun

suami ogah-ogahan dengan tempe eh akhirnya malah suka dengan tempe…jadi mikir, kalau dulu masak resep ini buat papa, sekarang

masaknya  buat suami hehe sama-sama resep yang saya buat untuk orang yang saya cintai😀

yuk mulai…. *gampang dan sangat gampang ;D

maaf ni, pengambilan gambarnya kurang bagus hihihi

maaf ni, pengambilan gambarnya kurang bagus hihihi

 

Bahan-bahan :

1. tempe (banyaknya sesuai selera), dipotong dadu kemudian digoreng sebentar, tidak usah garing.

2. kacang panjang 8-10 batang, disesuaikan dengan banyaknya tempe. (kalau resep aslinya buat papa pake daun melinjo, berhubung            suami suka dengan kacang panjang, jadi saya ubah jadi kacang panjang).

3. ikan teri  secukupnya

4.1 batang serai, memarkan

5. 1 lembar daun salam

6. lengkuas sebesar ibu jari, memarkan

7. santan olahan kara 2 sendok makan *terserah merek apa aja, tapi yang dalam kemasan,lebih higienis, praktis, dan kental😀

8. bawang merah dan bawang putih masing-masing 2 siung, iris.

9. 5 buah cabe rawit dan 5 buah cabe merah, iris miring *resep aslinya memakai cabe hijau, tapi suami gak suka dengan cabe hijau hahaha jadi saya ubah deh😀

10.garam dan gula secukupnya

11. air putih secukupnya

11. minyak goreng untuk menumis secukupnya

 

Cara membuat : *gunakan api sedang

1. panaskan minyak di wajan, masukkan ikan teri kemudian tumis sampai agak garing.

2. masukkan irisan bawang, tumis sampai berubah warna dan harum

3. masukkan cabe, serai, lengkuas, daun salam…tumis sampai harum

4. masukkan kacang panjang, tumis sebentar, kemudian tambahkan air putih sampai bahan semua merata dan  kacang berubah warna

5. masukkan santan kental, aduk sampai rata.

6. terakhir masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk dan diamkan dan kecilkan api kompor. biarkan air santan dan bumbu meresap ke tempe, setelah berubah menjadi coklat tua…matikan kompor.

 

selesaaaaiiiii ^^

 

praktis dan mudah bukan…sehat, murah lagi😀

asal kita bisa mengkreasikan bahan, akan jadi menu yang enak😀, ingat…DO NOT USE MSG yah😀

anggap aja oseng-oseng ini sebagai sayur karena ada kacang panjangnya, jadi sajikan sebagai pelengkap menu utama. Enak disajikan dengan ikan goreng dan kerupuk or coba juga dengan resep bola-bola ikan gabus

 

 

selamat mencoba, senang bisa berbagi😀

 

 

 

7 thoughts on “oseng-oseng tempe sayur kacang ^^

  1. klo ada kreasi makanan lain yg berbahan dasar tempe atau tahu boleh di share lagi dong sis…hehe ^^
    kebetulan saya kurang suka santan (lagi diet :p), tapi penggemar tempe n tahu😀

  2. Wahh, ternyata resepnya beda😀
    Saya kira kemarin sama kayak resep saya mba, soalnya judulnya sama,hehe. Ternyata pakai santan, saya malah belum pernah nyoba nih. Tapi resep tumis kacang sama tempe itu emang resep sederhana, sehat bin enak kalo lagi bosen bikin tempe goreng. hehe
    Kapan-kapan mampir ke blog saya juga ya mba, yang isinya agak rapi ada di sini:
    http://ukhti-shalihah.com/tumis-labu-ayam/

Leave a Reply

