bola-bola ikan gabus ^^


hello assalamualaikum…masih dengan tema yang sama yaitu resep masakan, saya kali ini ingin membagi resep praktis tapi sehat yaitu bola-bola ikan gabus ^^

bagi orang palembang, ikan gabus memang ikan yang enak dibuat olahan makanan khas palembang seperti pempek dkk hehe

nah kali ini saya ingin membuatnya sebagai lauk makan, yaitu bola-bola (boleh juga sih dibilang pergedel ;p) ikan gabus ^^

yuk langsung ajah :

 

Bahan:

1. 250 gram ikan gabus mentah, ambil dagingnya pisahkan dari tulang (enaknya gabus, dagingnya tbal dan tulangnya ada di bagian tengah aja jadi gampang misahinnya ) kemudian blender atau digiling.

2. 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya

3. santan kental 1 sendok kecil

4. merica halus satu sendok teh

4. garam secukupnya

5. bawang merah dan bawang putih 2 sung, haluskan

6. tepung terigu 2 sendok makan

 

cara membuat :

1. campurkan ikan yang sudah digiling dengan garam, kuning telur, santan dan bawang halus, campur hingga merata😀

2. tambahkan tepung terigu aduk sampai merata dan terlihat seperti adonan pergedel

3. panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang

4.bentuk bola-bola adoan yang sudah rata tersebut, kemudian celupkan ke dala putih telur sebagai pelapisnya😀 dan goreng deh ^^

setelah terlihat kecoklatan…angkat dan tiriskan..jadi deh😀

 

sebenernya gak bisa juga dibilang bola, coz bntuknya gak bulet hahaha

sebenernya gak bisa juga dibilang bola, coz bntuknya gak bulet hahaha

 

biar lucu, boleh juga ditambahin tusuk sate hehehe jadi kayak sate pentul *bahasanya lucu😛

 

udah ya, selamat mencoba…semoga bermanfaat dan bisa disantap bersama orang-orang tercinta

noted : kata suami….maknyussss😀

1. campurkan ikan yang sudah digiling dengan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s