Bakti Sosial Akhir Tahun 2012


Assalamualaykum…..haluuuu, jumpa lagi dengan saya dan semua kegiatan saya ^^

Kali ini saya akan membahas mengenai kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh fakultas kedokteran yang menjadi tempat saya mengajar (dan belajar) dengan mahasiswa😀

Sebelum kita bahas topik utama pasti ada yang nanya kok bisa saya kerja disini???? hehehe

Desember 2011 saya dan seorang teman memasukkan surat lamaran ke fakultas kedokteran universitas Muhammadiyah Palembang, (iya, jadi tahun 2008 kemarin, UMP mendirikan fakultas kedokteran) kami pikir akan langsung dipanggil *PD* hahaha saking lamanya menunggu panggilan saya udah lupa kalau pernah mendaftar disana, dan tepat 1 minggu setelah acara ngunduh mantu dirumah suami, saya dapat sms untuk interview disana…(bayangkan udah hampir setahun surat itu terbenam disana hahaha desember 2011-2012)…saya dan suami mikir mungkin ini yang disebut rejeki nikah…soalnya jarak antara UMP dengan rumah suami gak jauh, coba kalau dipanggil sebelum saya nikah…jarak dari rumah ortu ke UMP jauuuuhhh booo, hahaha memang bener ALLOH itu tau yang terbaik dan yang tepat buat hambanya😀

Alhamdulillah, setelah 3 hari interview, dari 5 orang dokter yang dipanggil, yang diterima 4 orang (karena salah seorang teman kebetulan ingin masuk sekolah spesialis bulan januari, jadi mungkin agak susah membagi waktu jika dia menjadi dosen), maka mulailah saya dan ketiga teman saya bergabung menjadi pengajar di FK UMP😀

Jadi kalau ada yang nanya saya kerjanya apa, maka jawabannya adalah :

Istri-ibu rumah tangga (teteuup profesi utama;p) yang bekerja diluar sebagai dokter umum di sebuah RS, pengajar di sebuah universitas, dokter di tempat praktek pribadi kami dirumah😀 Alhamdulillah😀 *doakan kami berdua supaya bisa segera ambil sekolah spesialis yaaa* hehehe

Oke, udahan mengenai sejarah saya kerja….singkat aja yah hehehe

jadi FK UMP sendiri setahun sekali mengadakan bakti sosial ke daerah-daerah (suka deh :D), jadi bisa dibilang bakti sosial ini adalah agenda tahunan mereka, dan alhamdulillahnya tahun ini saya diberi kesempatan ikut karena saya dan teman-teman bergabung menjadi pengajar sebelum bakti sosial diadakan hehehe.

Bakti sosial itu sendiri berisi kegiatan pengobatan massal yang terdiri dari pemeriksaan mata (ada spesialis mata), pemeriksaan bayi dan anak(ada spesialis anak), pengobatan umum (dokter umum) ,pemeriksaan labor, khitanan massal (dokter umum) serta tak lupa penelitian mahasiswa dengan pengambilan data yang didampingi dosen mengunjungi rumah-rumah penduduk, SD, dan juga di dalam kegiatan pengobatan itu sendiri.

Tahun ini kegiatan dilakukan di desa Sungai Dua, Banyuasin dan berlokasi di puskesmas Sungai Dua😀

Pasti banyak yang nanya, saya ikut di bagian apa? iya, alhamdulillah saya ikut jadi panitia khitanan massal.

foo dulu sebelum berangkat :p

foo dulu sebelum berangkat :p

kami berangkat pagi jam 7…dan sampai di lokasi jam 8😀 *deket kok hhehe*

lokasi puskesmas sungai dua

lokasi puskesmas sungai dua

sampeeeee…..*setelah satu jam ngobrol di mobil bareng temen-temen haha dan saya baru tau, ternyata banyuasin di Palembang itu terbagi-bagi…saya di banyuasin yang ke arah kayu agung😀 (tadinya saya mikir ke banyuasin yang melewati arah bandara SMB II hahaha kupernya keliatan :p)*

saat sampai di lokasi, kami briefing bentar….dan teteupppp eksis untuk foto-foto hahaha

siap-siap...yesss

siap-siap…yesss

ini ruangan tempat saya akan "berkarya"...semangaaattttt ^^

ini ruangan tempat saya akan “berkarya”…semangaaattttt ^^

pada saat dateng, masih sepi pasiennya...

pada saat dateng, masih sepi pasiennya…

trus mahasiswanya mana? ada kok, mereka ikut…jadi ada 2 angkatan mahasiswa yang ikut, yaitu angkatan 2010 dan angkatan 2012…kegiatan mereka adalah mencatat pasien yang datang dan yang akan dijadikan bahan penelitian, melihat-melihat (jingok-jingok), trus meramaikan suasana *hahaha halah:P*. kalau untuk khitanan massal beberapa mahasiwa udah bisa dijadikan asisten lho, soalnya bakti sosial sebelumnya mereka udah pernah jadi asistan😀

mereka antusias lho di kegitan ini, suka deh :D

pasien masih sepi saat kami datang

mereka antusias lho di kegitan ini, suka deh :D

mereka antusias lho di kegitan ini, suka deh😀

sesaat sebelum "mencar" ke pos masing-masing

sesaat sebelum “mencar” ke pos masing-masing

 

 

 

 

 

Jadi rute pasien adalah, mereka datang ke bagian pendaftaran, lalu dikirim ke post yang ditentukan berdasarkan keluhan….seperti yang ingin mengkhitan maka diajak ke tempat pendaftaran khitan, masuk ke ruang khitan, kemudian setelah selesai mereka ke bagian pengambilan obat😀

begitu juga dengan pos-pos lain, yang pengobatan mata datang ke pos mata, dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis mata dan kemudian mengambil obat ke tempat pengambilan obat.

ini tim di bagian pengambilan obat/apotek :D

ini tim di bagian pengambilan obat/apotek😀

seandainya jika ada pasien diatas 40 tahun, maka mereka diarahkan untuk pemeriksaan laboratorium mini yaitu pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Data pasien golongan ini juga dijadikan sampel penelitian salah seorang pengajar di FK UMP😀

Okeyyy..berlanjut ke pos saya…kami melakukan khitan menggunakan kauter…sebagai gambaran bisa dilihat disini :

kami menggunakan kauter untuk melakukan khitan :D

kami menggunakan kauter untuk melakukan khitan

Jujur, saya sudah hampir 2 tahun tidak mengikuti kegiatan mengkhitan, dan pasien di RS jarang yang datang untuk mengkhitan hehehe, jadi agak kagok dan gugup juga lho…tapi untungnya ada para senior yang juga ikut serta di kegiatan khitan, jadi terasa lebih comfort hehehe.

uhuuyyy....siap beraksi ;p*istrinya suaminda fahmi waisri ni...:p

uhuuyyy….siap beraksi ;p
*istrinya suaminda fahmi waisri ni…:p

jadi jumlah dokter di pos khitanan massal ada 8, saya termasuk salah satunya, dan jumlah anak yang dikhitan ada 43 orang….

saya mengkhitan 4 orang pasien…hehe dan salah satunya adalah anak usia 12 tahun hahaha bonus  ^__*

ini pasien terakhir, dan saya segera mengajak foto bareng...*hahaha

ini pasien terakhir, dan saya segera mengajak foto bareng…*hahaha

yaaaa…itulah sepenggal cerita kegiatan saya…sebenernya tulisan ini saya khususkan buat suaminda tercinta kak fahmi, soalnya dia gak bisa hadir menemani dan turut serta…jadi walau jarak memisahkan, dia tetap tau apa pekerjaan dan aktivitas saya, begitupun sebaliknya, dia selalu mengirim foto dan bercerita via Whatsapp mengenai kegiatan dia di site *doi kagak hobi nge-blog soalnya* hehehe

Mungkin kita tidak bisa membantu sesama dalam bentuk harta, akan tetapi bisa melalui ilmu dan juga tenaga…:D

tetap semangat beraktivitas, syukuri segala yang kita punya…karena setiap harinya adalah sesuatu yang bernilai harganya😀

salam hangat dan penuh cinta untuk suaminda yang beribadah mencari nafkah disana :*

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

 

 

5 thoughts on “Bakti Sosial Akhir Tahun 2012

Leave a Reply

