Daging Bacem to be Gepuk


Assalamualaykuuuummmm ^^

Halluuuuu para reader….apa kabar? Kok aku yakin klo ad yg read my blog? Yakin dunk…soalnya ad di statistik..blog aq mulai rame diliat-liat pengunjung lho..seneeeng deh ^^
Semoga bermanfaat dan menginspirasi…tak membuat iri, atau malah sakit di hati ups hehehe

Sore ini aku pengen share mengenai resep yg lumayan simpel..coz masih berkaitan dgn idul adha, jadi menu yg dipilih adalah daging hehe.
Oh ya, menu ini menu requestan mertua lhoooo…hihihi berhubung aku adalah mantu yg pinter masak *uhuk, narsis :p —-> dicubit suami :p * jd dgn bakat dan talentaku, akhirnya jdlah Daging Bacem to be gepuk hahaha tau daging gepuk kan? Itu lho daging yg digepuk aka di gepengin, trus terserah mau dibuat apa, mau digoreng lapis telur, mau dibumbu dg sambal, dan kreasiiii lainnya ^^
Tapi kali ini, aq mau ksh resep basicnya sebelum daging diolah menjadi resep kreasi yg aq sebutin tadi.

Oke…mari kita mulai..segera siapkan pena dan notes yaaa hihihi bismillah…

Bahan-bahan :

1. Daging (terserah ya mau brapa banyak, sesuai kebutuhan aja) —> bener-bener bagian daging tanpa tulang ya ^^

image

eh tau gak, sarung tangan sekali pakai di foto tu suami lho yg beliin…perhatian banget kaaannn, dia gak pengen tangan istrinya gatel2 karena masak, maklum istrinya gmpg alergi dg bahan2 tertentu hihihhi *penting ya put dibahas??? > ini foto daging belum dicuci, jgn lupa cuci dulu ya hehehe

2. Bawang merah 7 butir
3. Bawang putih 5 butir
4. Ketumbar secukupnya
5. Jahe seukuran ibu jari
6. Lengkuas seukuran 3 jari
7. Gula merah sesuai selera
8. Asam jawa secukupnya
9. Garam dikiiiit aja :p
10. Daun Salam 3 lembar

Note : kenapa aq tulis secukupnya..hmmm krna banyaknya tu trgantung dagingnya juga dan tergantung selera kita masing-masing😀

image

image

* si asam jawa cuci dulu, kemudian diremas-remas dalam air—>airnya diambil buat bumbu😀
* tu gula merah gak sebanyak itu ya..hehe aq pake cuma 2 biji aja😀

Yakkkk…udah mulai seru??? Simple kan…apaaa? Cara membuat? Okeh lanjuuuuutttt…

Cara membuat :

1. Haluskan semua bumbu kecuali gula merah dan daun salam hehehe…boleh pake blender? Bolehhh…gak dituntut sehalus mungkin kok, jd dihaluskan pake lumpang juga boleh😀

image

Setelah halus, masukkan dalam wajan—> tambahkan air 1-2 gelas aja ^^

2. Didihkan air bumbu, setelah mendidih masukkan daging.

image

3.Biarkan sampai daging melunak dan bumbu meresap. Jangan lupa juga buat diaduk dan bolak-balik daging biar air bumbu meresa rata ke semua bagian.
4. Setelah meresap dan kenyal, angkat bongkahan daging.

image

Iris-iris tipis sesuai selera, kemudian masukkan lagi ke dalam air bumbu tadi. Biarkan kembali meresap dan daging benar-benar matang dan lembut.
5. Setelah daging lembut dan bumbu meresap sempurna, angkat daging dan tiriskan😀

image

Daging siap buat digepuuukkk *dinginkan dulu ya pastinya hehe* atau bisa disimpan dalam lemari es sebagai stok lauk yang bisa diolah menjadi kreasi lain kapan aja😀 * mau dimakan langsung boleh juga sik, tapi gak kreatif hihi jd daging bacem aja;p * sebelum diolah kembali, jgn lupa digepuk…ada alat gepuk daging khusus :p. Trus yg gak punya? Hahaha bisa pake lumpang kok, dikeprek (ini bahasa aneh bener:p) 2 kali pukulan..

Kreasi yang biasa saya lakukan adalah, menggoreng daging ini dilapisi telur —> kocok telur, rendam daging bolak-balik—> goreng api ukuran sedang…selesai😀 *maaf tanpa foto ya hehe*
Atau kreasi lain, seperti membuat tumisan goreng daging dengan bahan tambahan bawang bombay, bawang merah iris-iris…cabe merah iris memanjang. Cabe gepuk sebelumnya digoreng dulu dengan api sedang, setelah agak garing baru ditumis dengan bumbu tambahan tadi. Tambahkan garam dan kecap secukupnya…jadiiii deh😀
(maafkan bagian ini tidak sempat difoto, nanti kalo aq bkn lg akan di share ulang)

image

Alhamdulillah mertua suka makannya hihihi apalagi si suaminda tercinta…hayoooo buruan dicoba resepnya yaaaa ^^

Udah dulu ahhhh…semoga resepnya bermanfaat dan selamat mencoba…do not forget memasaklah dengan penuh cinta untuk orang-orang tercinta😀

I love u suamiku….^^

image

image

Ini saya tambahkan foto-foto kami berkurban bersama keluarga di pesantren kakak😀
Seruuuuu…semoga tahun depan diberi kesempatan untuk berqurban kembali aaaamiiiin

“Sebaik-baik manusia adalah orang
yang paling bermanfaat bagi orang
lain.” (HR. Ad-Daraquthni dan Ath-
Thabarani).

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s