Resep praktis : kulit lumpia isi kornet


Pagiiii semuaaanyaaa….

Masih dalam suasana lebaran idul adha, saya dan suami tercinta mengucapkan selamat hari raya kurban ^^

Hari ini saya mau berbagi resep praktis nan simpel, cocok bagi pemula, dan juga tepat bagi orang yang butuh makanan yang cepat saji tapi enak…*biasanya sih saya masak ini sbg lauk tambahan aja buat menu utama…bisa juga dijadikan cemilan sore ^^*
Let’s started :

Bahan-bahan

1. Kornet sachet/kornet kalengan (banyaknya sesuai selera)
2. Nugget fiesta 8 biji (boleh diganti dgn ayam goreng biasa)
3. 1 butir telur
4. 1 siung bawang bombay ukuran sedang
5. Merica
6. Garam
7. kulit lumpia
8. Margarin 1 sdm
9. Minyak untuk menggoreng

image

Itu kornet sachet dan nugget yang saya pakai, jangan lupa pastikan label halalnya ^^

image

Nah ini kulit lumpia yang paling sering saya pakai, ada ukuran mini (seperti gambar di atas) ada juga yang jumbo, biasanya saya pakai ukuran jumbo untuk jadi kulit pisang coklat/karamel. Teksturnya tipis, jadi crispy banget setelah digoreng ^^

Cara membuat :

1. Iris bawang bombay (ukuran sesuai selera, kalau saya lebih suka diiris besar)
2. Haluskan merica (boleh pakai merica bubuk langsung ya)
3. Goreng nugget, kemudian tiriskan. Langsung haluskan nugget memakai lumpang (kalau diblender jadi bubur dia hehe), haluskan dalam keadaan setengah panas karena kalau sudah dingin nugget jadi lebih kenyal, lebih susah buat dihaluskan di lumpang.
4. Campur semua bahan menjadi satu dalam wadah, aduk-aduk. Tambahkan sedikit garam,dikiiiit aja yah.
5. Masukkan 1 butir telur ke dalam adonan, aduk rata.

image

Nah jadinya kayak gitu…^^

6. Panaskan wajan dengan 1 sdm margarin
7. Tumis bahan yang sudah tercampur rata tersebut, tumis dengan api kecil, kalau terlalu besar bisa gosong hehe. Tumis sampai bawang terlihat layu,gak usah terlalu lama, angkat dan tiriskan.
8. Siapkan kulit lumpia beberapa lembar, masukkan adonan yang sudah ditumis ke dalam lumpia sebagai isi. Adonan dimasukkan sesuai selera ya, semakin banyak isi maka akan semakin besar hehe. Kalau saya sih isinya sebanyak 1 sdm aja.

image

image

Gulung dimulai dari sisi segitiga, kalau dilipat dalam bentuk segiempat, nanti kulit bisa lepas dan isi keluar pada saat digoreng.

image

Tadaaaa….jadi deh ^^
Now siapkan minyak untuk menggoreng…
Goreng lumpia isi kornet dengan api sedang, karena kulit lumpia tipis rentan untuk gosong maka pada saat menggoreng jangan terlalu lama, segera bolak balik sampai warna kekuningan merata.
Angkat dan tiriskan…
Jadi deh…

image

Hmmm nyummmyyy….crispyyy…so delicious😀

Makanan praktis nan simple untuk orang tercinta.

I love u suamiku :* :*

(langsung lahap dimakan)

Nantikan resep-resep berikutnya yaaahhh…hari ini yang simple, besok2 yang ribet…tp semuanya enaaaakkk hihihi

*ayooo cek kulkas, ada kornet nganggur segera bikin, gak sampe 30 menit lho :p

Posted from WordPress for Android

13 thoughts on “Resep praktis : kulit lumpia isi kornet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s